Senin, 26 November 2012

Renungan Kristen - Cuma Karena Ada Maunya

Bacaan Alkitab : Galatia 6:1-10


Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya. (Galatia 6:7A).


Ibu Diana sedang berbincang-bincang dengan tetangganya, Bu Helen. Biasanya tetangganya tersebut setiap minggu pergi beribadah ke gereja. Namun dia aga sedikit heran karena hari itu tetangganya tersebut tidak pergi ibadah. Bu Diana heran dan bertanya, "Lho, kok ibu gak pergi beribadah?". Tetangganya menjawab, "Gak ahhh...!!! Memangnya kenapa?". "Gak papa sih, cuma heran aja. Beberapa waktu lalu Ibu aktif sekali ke gereja", jawab si Bu Diana. "Oh itu. Waktu itu suamiku sedang sakit parah. Dan aku memohon bantuan Tuhan. Tapi sekarang suamiku sudah sembuh kok!", jawab Bu Helen.

Apakah Anda pernah mengalami hal yang sama seperti cerita di atas? Betapa kecewanya hati Tuhan ketika manusia memperlakukan-Nya sebagai obat penenang: dicari dan diminum saat sakit, disimpan sampai kadarluwarsa bahkan dibuang ketika sudah sehat. Jika kita ditanya, apakah dalam hidup ini kita menyembah ‘seseorang' ataukah ‘sesuatu', kita pasti akan menjawab "Oh, saya menyembah seorang pribadi, yaitu Yesus Kristus!" Tetapi kenyataannya apakah demikian?

Dalam hidup ini, tanpa kita sadari kita tidak memperlakukan Yesus sebagai seorang pribadi yang mempunyai hati dan emosi. Kita lebih menggangap Yesus itu seperti patung, yang tidak dapat mendengar dan melihat. Buktinya? Bukankah kita lebih sering mengambil sebuah keputusan tanpa bertanya dulu kepada Tuhan. Kita tidak peduli Tuhan setuju atau tidak yang penting keputusan itu baik dan menguntungkan. Contoh lain, kita sering melupakan dan mengabaikan jam-jam doa karena menganggap Tuhan pasti memaklumi kesibukan dan pekerjaan kita. Padahal hati Tuhan sudah sangat sedih dan kecewa. Kita tidak tahu dan tidak mau tahu perasaan Tuhan.

Kita perlu berdoa dan meminta Roh Kudus untuk membuat hati ini peka akan suara dan keinginan hatinya. Tuhan yang kita sembah adalah seorang pribadi yang dapat tertawa, menangis, sedih, tersenyum dsb. Oleh karena itu, marilah kita belajar menyukakan hati-Nya setiap hari karena untuk itulah kita ada di dalam dunia ini .

Tuhan adalah seorang Pribadi, Dia layak mendapat yang terbaik.



Kamis, 22 November 2012

Dosa Kesombongan

Bacaan Alkitab : Mazmur 138:1-8

"Manusia yang sombong akan ditundukkan dan orang yang angkuh akan direndahkan; hanya TUHAN sajalah yang maha tinggi pada hari itu". (Yesaya 2:17).


Pada prinsipnya, ada tiga perkara pada umumnya yang dapat menjatuhkan manusia, yaitu hawa nafsu yang dituruti, kekikiran yang dipatuhi, dan seorang yang membanggakan dirinya sendiri alias "sombong". Kesombongan adalah salah satu penyakit yang paling mematikan. Penyakit ini membuat seseorang terlempar jauh dari hakikatnya sebagai manusia yang sesungguhnya. 
Blaise Pascal dalam salah satu ungkapannya pernah berkata bahwa salah satu sifat manusia adalah: “Orang berdosa yang merasa dirinya benar.” Kesombongan tidak lain merupakan ‘pendewaan terhadap diri sendiri’, di mana seseorang menganggap dirinya lebih tinggi daripada yang sepatutnya.

Berbicara tentang kadar kesombongan, ada satu bentuknya yang terkadang sering dilakukan, walau tanpa disadari, yaitu meremehkan orang lain. Tanpa sadar kita menganggap orang lain masih kalah hebat dari kita dan menganggapnya tidak mungkin bisa menyaingi atau menandingi kita, baik itu dalam segi ilmu, kepemilikan harta benda, rupa fisik, keterampilan dan lain-lain. 
Meremehkan orang lain, merupakan bentuk kesombongan yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Walau terkadang cara operasinya terkadang kurang terlalu kentara. Bisa jadi, tanpa suara istilahnya. Ya, terkadang bisikan-bisikan setan mempengaruhi agar kita meremehkan orang lain dan merasa diri ‘lebih segala-galanya’. Lebih dari orang lain tentu saja!

Terhadap dosa kesombongan, Alkitab mencatat betapa tegas dan keras tindakan yang Allah lakukan untuk menentang dosa tersebut. Akibat yang dialami pelakunya benar-benar mendatangkan kehancuran. Allah menentang orang yang sombong dan Allah pasti akan menghukumnya. Penyakit semacam ini saudara, juga menghinggapi bangsa Tirus seperti yang dicatat dalam nas ini. Lihatlah akibatnya! Apa bentuk kesombongan mereka hingga mereka dimurkai oleh Tuhan? Ini saudara! Tirus bersukacita atas kejatuhan Yerusalem karena percaya bahwa mereka akan memperoleh keuntungan keuangan karena Yehuda selaku saingan kini sudah tidak ada. Tirus adalah bangsa yang kuat dalam kelautan dan perniagaan. Ia menjadi panutan bangsa-bangsa pesisir dan ditakuti oleh bangsa-bangsa lain. Keinginan Tirus akan kekayaan tanpa memikirkan penderitaan yang diakibatkan olehnya pada orang lain mendatangkan hukuman Allah (bdk. Yes. 23:1-18).

Dalam kesombongannya Tirus melihat kehancuran umat Tuhan dengan rasa syukur. Mereka malah sesumbar untuk menjadikan Yerusalem jarahan mereka (ayat 2). Mereka menjadi serakah! Justru keserakahan Tirus menjadi bumerang buat mereka (ayat 5). Tuhan melakukan pembalasan. Tidak satupun dari yang mereka megahkan akan tinggal tegak, semua akan dihancurkan dan dijarah bangsa lain. Semua ini terjadi agar mereka tahu bahwa Tuhan, Allah orang Israel, adalah Allah yang menjaga umat-Nya. Dan bayangkan saudara, akibat hukuman dosa kesombongan yang mereka terima, satu kota yang megah, kuat, dan kaya (ayat 12; bdk. Zak. 9:3) serta tersohor akan menjadi reruntuhan, bagai kota mati. Bahkan kota itu akan tidak lagi dikenal orang karena ditelan oleh daratan bumi. Saudara, ketika manusia dihinggapi oleh sifat kesombongan, maka biasanya ia tidak lagi akan bergantung sepenuhnya kepada Allah. Bahkan tidak jarang, Allah pun diremehkannya. Dianggapnya tidak ada sama sekali. Kesombongan membuat seseorang merasa dirinya seolah-olah ‘bebas’ dari Allah, ‘merendahkan’ Allah, karena disadari atau tidak, menganggap diri mampu menyamai Allah.

Akibat dari Kesombongan
Ada begitu banyak orang di dunia ini, yang mengalami kegagalan, kehancuran, akibat dari kesombongan itu sendiri. Merasa yang paling hebat, paling pintar, paling cerdas, paling kaya, paling kuat, tidak terkalahkan, atau apapun, yang pada akhirnya membuat dia berhenti berproses, tanpa disadari. Sedangkan kehidupan itu sendiri sangat dinamis, ada kalanya kita diatas, dan ada kalanya pula kita berada dibawah. Dan ketika kita berada diatas, seolah kita adalah rajanya, penguasanya, sehingga bisa dengan mudah mentertawakan orang lain, merendahkan orang lain, menghina, dan dengan segala keburukan lainnya. Akan tetapi ketika kita memasuki aliran kebawah, maka kita akan mengeluh, merasa yang paling susah, mengemis bantuan kepada orang lain, menyesal, atau bahkan hancur berkeping-keping. Kesombongan membuat manusia angkuh dan serakah. Tidak jarang diikuti sikap ketakaburan. Ingin menguasai segalanya. Ingin menaklukkan segalanya dengan cara apa saja. Lihatlah contohnya, Adolf Hitler dengan ambisinya dan keangkuhannya yang membuat dia mendapatkan kehancuran total.

Cara Menjauhi Dosa Kesombongan
Saudara, kita telah melihat betapa Allah sangat membenci kesombongan serta akibat yang diterima oleh para pelakunya. Ketika kita menyadari siapa diri kita sebenarnya di hadapan Tuhan, apakah mungkin masih ada hal yang dapat kita banggakan bahkan sombongkan? Sebagai umat Tuhan kita perlu memerangi dan menjauhi dosa kesombongan ini. 
Bagaimana cara kita memerangi dan menjauhi dosa kesombongan? Saudara, hal penting yang harus kita lakukan adalah dengan mengenakan sifat kerendahan hati (Ef. 4:2; Kol. 3:12). Kita dapat menjadi seorang yang rendah hati apabila kita dapat mengenal diri kita sendiri. 
Seorang bernama Bernard berkata: “Sifat rendah hati itu adalah sifat yang membuat manusia sadar akan ketidaklayakannya, sebagai akibat dari pengenalan yang paling dalam akan dirinya sendiri.” 



Humor Kristen - BAKPAO

Karena bangun kesiangan, Adam, anak kecil berusia 5 tahun berlari-lari ke sekolah minggu. Di tengah jalan, dia melihat penjual bakpao. Karena belum sarapan, ia membeli satu bakpao dan akan memakannya sedikit demi sedikit saat khotbah nanti.

Puji-pujian dan doa usai sudah. Tibalah saatnya untuk mendengarkan firman Tuhan. Adam mulai makan sedikit demi sedikit bakpao yang dibelinya tadi.

Cerita Alkitab minggu itu berjudul "Kejatuhan Manusia dalam Dosa". 
Guru sekolah minggu yang telah mempersiapkan diri dengan baik sangat antusias, semangatnya berkobar-kobar sehingga ketika dia bercerita dia bersuara setengah berteriak, "... Tuhan bertanya, Adam... apa yang kau makan?" 
Mendadak Adam kecil yang sedang asik makan berdiri dengan takut dan menjawab, "Bakpao, Kak...."

Ayat Renungan :

"Kepada setiap orang yang mendengar firman tentang Kerajaan Sorga, tetapi tidak mengertinya, datanglah si jahat dan merampas yang ditaburkan dalam hati orang itu; itulah benih yang ditaburkan di pinggir jalan". (Matius 13:19).

Humor Kristen, Cerita Lucu Kristen, dan Cerpen Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Cerpen Kristen - SURGA DAN NERAKA

Seorang pria berbicara dengan Tuhan tentang surga dan neraka. Tuhan berkata kepada pria tadi, "Kemarilah, Aku akan memerlihatkan neraka padamu." 
Mereka masuk ke sebuah ruangan di mana sekelompok orang duduk mengitari wajan besar berisi makanan. Semua orang sangat kelaparan dan putus asa. Setiap orang memegang sendok untuk mengambil makanan di wajan, namun setiap sendok memiliki gagang yang jauh lebih panjang daripada lengan mereka sehingga sendok itu tidak dapat digunakan untuk memasukkan makanan ke dalam mulut mereka. Penderitaannya benar-benar luar biasa.

"Kemarilah, sekarang Aku akan memerlihatkan surga padamu," kata Tuhan sesaat kemudian. Mereka masuk ke ruangan lain, sama persis dengan ruangan yang pertama -- wajan besar, sekelompok orang, sendok dengan gagang panjang. Tapi semua orang bahagia dan cukup gizi.

"Aku tidak mengerti," kata pria tadi. "Mengapa mereka bahagia dan yang satu lagi menderita, padahal mereka ada di tempat yang sama?"

Tuhan tersenyum, "Ah, sederhana saja," kata-Nya. "Di sini, mereka telah belajar untuk saling menyuapi."

Ayat Renungan :
"Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa." (Yohanes 12:26).


Humor Kristen, Cerita Lucu Kristen, dan Cerpen Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - ANEH VS HEBAT

"Sayang, aku ingin tanya sesuatu," ujar si istri.

"Tanya saja ..., akan kujawab sejujur mungkin," balas suaminya.

"Bagaimana kamu menjelaskan kebersamaan kita selama lima belas tahun ini?", tanya istrinya.

"Kebersamaan kita itu Aneh dan Hebat", jawab suaminya.

"Oh, sayang, perkataanmu indah sekali! Tapi aku heran mengapa kamu bilang kebersamaan kita itu 'Aneh dan Hebat'?", kata sang istri.

"Itu karena kamu Aneh dan aku Hebat!", kata si suami.


Ayat Renungan :
"Lidah lembut adalah pohon kehidupan, tetapi lidah curang melukai hati." (Amsal 15:4).

Humor Kristen, Cerita Lucu Kristen, dan Cerpen Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - Mau Jadi Pendeta

Setelah menghadiri kebaktian Minggu pagi bersama orang tuanya, seorang anak laki-laki tiba-tiba berkata kepada ibunya, "Ma, aku memutuskan untuk menjadi seorang pendeta jika aku besar nanti."

"Hmmm ..., tidak masalah bagi kami," kata ibunya, "Tapi kok kamu memutuskan untuk jadi pendeta?"

"Gini loh, Ma," jawab si anak, "Kalau aku besar nanti, aku pasti akan pergi ke gereja setiap hari Minggu, bukan? Jadi, aku rasa akan lebih enak jika terus berdiri dan berbicara daripada hanya duduk sepanjang jam dan mendengarkan."


Ayat Renungan :
"Selanjutnya firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, perhatikanlah segala perkataan-Ku yang akan Kufirmankan kepadamu dan berikanlah telingamu kepadanya." (Yehezkiel 3:10).


Humor Kristen, Cerita Lucu Kristen, dan Cerpen Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - AC

Seorang karyawan mendapatkan fasilitas kerja yang hebat sekali. Dia memiliki sebuah ruang dengan AC, telepon, televisi, internet, dan tentu saja 1 set PC yang canggih.

Suatu ketika di mengetik sebuah laporan. Tiba-tiba saja bosnya masuk dengan marah-marah.

Bos : "Hei! Kamu menulis dengan WordStar DOS ya? Dasar Bodoh! Sekarang itu sudah tahun 2012!! Harusnya kamu bisa menulis dengan Microsoft Word!!"

Karyawan : "Habis ini ruang ber-AC sih, Bosss !!!"

Bos : "Apa hubungannya dengan ruang ber-AC? Jangan cari-cari alasan!!"

Karyawan : "Bos lihat saja sendiri ke AC itu!"

Bos itu lalu melihat ke AC dan ada tulisan :"...AIR CONDITIONED ROOM, DO NOT OPEN WINDOWS !!!"

Karyawan : "Kalau buka Windows saja tidak boleh bagaimana mau buka Microsoft Word?"

Bos : ???%%%##!!!&!!!!!*


Ayat Renungan
"Orang yang tak berpengalaman mendapat kebodohan, tetapi orang yang bijak bermahkotakan pengetahuan." (Amsal 14:18).


Humor Kristen, Cerita Lucu Kristen, dan Cerpen Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - KURSI GOYANG

"Hari minggu kemarin seharian aku bersantai di kursi goyangku," kata Sukma kepada Budi. "Aku duduk di kursi itu sambil membaca koran, menonton pertandingan sepakbola di televisi, mendengarkan musik dari radio, minum kopi, makan cemilan, dan memainkan anjing dengan kakiku."

"Lalu?", tanya Budi.

"Isteriku itu loh ... masa dia masih bisa bilang kalau aku hanya duduk-duduk saja tanpa melakukan apapun juga?!!"

Ayat Renungan :

"Orang yang bermalas-malas dalam pekerjaannya sudah menjadi saudara dari si perusak." (Amsal 18:9).

Humor Kristen, Cerita Lucu Kristen, dan Cerpen Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - DI DALAM LIFT

Tanto dengan anaknya, Yuyun sedang berada di dalam lift yang penuh sesak. 
Tiba-tiba wanita yang berdiri membelakangi Tanto berbalik dan menamparnya.

Tanto sangat kaget dan bersiap untuk marah, ketika Yuyun berbisik, "Udah deh, Pa, aku gak suka sama wanita itu. Dia nginjek kakiku terus. Ya udah, aku cubit aja pinggangnya."

Ayat Renungan :

"Sebab kita mengenal Dia yang berkata: "Pembalasan adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan." Dan lagi: "Tuhan akan menghakimi umat-Nya." (Ibrani 10:30).

Humor Kristen, Cerita Lucu Kristen, dan Cerpen Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - ABU

Badu pergi ke rumah pacarnya, Lisa untuk kali pertama. Lisa pamit ke dapur untuk membuat minuman dan Badu dibiarkan sendiri di ruang tamu. Badu melihat sebuah guci antik di atas televisi. Dia mengambil guci
itu dan mencoba melihat isinya. Ternyata ada banyak abu di dalamnya. Badu lantas membuang abu itu karena mengotori guci.

Saat Lisa kembali dari dapur, Badu bertanya, "Ini guci antik ya?"

"Oh iya, di dalamnya ada abu Ayahku," jawab Lisa dengan tenang.

"Ya ampunnnnnn .... mati akuuuuu!" teriak Badu histeris dengan wajah pucat pasi.

"Kenapa, Badu?" tanya Lisa ikut-ikutan panik.

"Aaaa ... kuuuu sudah membuang abu Ayahmu!"

"Ohhh ... terima kasih ya, sayang!" jawab Lisa dengan tenang.

"Looohhhhh .... tidak apa-apa abu Ayahmu aku buang?"

"Ya, gak pa pa to .... Ayahku itu emang males buang abu rokoknya di asbak. Selalu saja dia buang ke dalam guci itu!"


Ayat Renungan :
"Karena itu marilah kita, yang sempurna, berpikir demikian. Dan jikalau lain pikiranmu tentang salah satu hal, hal itu akan dinyatakan Allah juga kepadamu." (Filipi 3:15).


Humor Kristen, Cerita Lucu Kristen, Cerpen Kristen, dan  Renungan Harian yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Baik berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - TIPS BERHENTI MEROKOK

Perokok : "Pak Pendeta, bagaimana cara menghilangkan kebiasaan merokok?"
Pendeta : "Sangat mudah sekali, semudah membalikkan telapak tangan, yang penting ada niat"
Perokok : "Ya, Pak pendeta, saya sangat berniat benar ini, mohon Pak pendeta bagaimana caranya?"
Pendeta : "Anda berdoa dan berjanji untuk melaksanakan saran saya, kalau setuju biar saya berikan resepnya."
Perokok : "Ya, saya setuju Pak Pendeta."
Pendeta : "Ok! Bila setuju mudah saja. Saat Anda memegang rokok, maka pada saat rokok mendekati bibir Saudara, maka balikkan segera telapak tangan Saudara yang memegang rokok, sehingga api rokok berhadapan dengan bibir Saudara. Dengan begitu Saudara bisa ingat komitmen untuk berhenti merokok."

Beberapa minggu kemudian ....

Perokok : "Wah Pak Pendeta, saya sudah berhenti merokok sekarang. Memang benar Pak, semudah membalikkan telapak tangan."

Pendeta : "Syukurlah!"

Perokok : "Tapi Pak Pendeta, saya ijin gak ke gereja dulu. Soalnya bibir saya luka-luka, gara-gara merokok terbalik terus."

Ayat Renungan :
"Basuhlah, bersihkanlah dirimu, jauhkanlah perbuatan-perbuatanmu yang jahat dari depan mata-Ku. Berhentilah berbuat jahat,...." (Yesaya 1:16).


Humor Kristen, Cerita Lucu Kristen, dan Cerpen Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - KEMAREN SIH BELUM ADA...!!!

Suatu hari , seorang turis asing menyewa taksi untuk keliling-keliling melihat kota Jakarta. Waktu tiba di sekitar bundara Hotel Indonesia, sang turis bertanya, "Berapa lama kira-kira hotel ini dibangun?"

"Hmm ... mungkin sekitar dua tahun mister," kata si supir taksi dengan lugunya.

"Wah, kalau di negera saya paling lama satu tahun nih, bangun gedung seperti ini," jawab si turis.

Perjalanan diteruskan dan tiba di sekitar Monas. Sang turis bertanya, "Kalau yang ini (maksudnya tugu Monas) berapa lama dibangun?"

Mengingat kejadian tadi si sopir menjawab dengan nada mantap dan bijak, "Satu tahun saja!" Kemudian si turis menjawab, "Kalo di tempat saya membangun yang ginian paling setengah tahun."

Selanjutnya mereka tiba dan berhenti di sekitar Senayan. Lalu sang turis dengan penasaran dan bertanya, "Kalau ini (maksudnya gelanggang olah raga Senayan) berapa lama dibangun?"

Mengingat dua kejadian yang sangat menjengkelkan si sopir menjawab dengan rasa kesal, "Nggak tau, Mister. Yang jelas, kemaren sih belum ada !!!"


Ayat Renungan
"Di dalam banyak bicara pasti ada pelanggaran, tetapi siapa yang menahan bibirnya, berakal budi." (Amsal 10:19).

Humor Kristen, Cerita Lucu Kristen, dan Cerpen Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - CAH KANGKUNG


Suat saat si Bejo jalan-jalan ke kota. Berhubung habis panen Bejo memutuskan untuk coba-coba masuk ke sebuah restoran asing. Saat melihat menu dia kebingungan sendiri, karena namanya amat aneh. Dari pada kelamaan milih, Bejo memilih secara acak menunya. Dia memilih yang namanya agak bagus. "Wah, pasti enak nih," pikirnya.

Tidak lama kemudian pesanannya datang. Ternyata yang tersaji di depannya adalah Cah Kangkung. Bejo amat menyesal karena tidak suka masakan tersebut, tetapi untuk komplain tidak berani karena salah dia juga.

Si Bejo tidak kurang akal, dia melihat kelakuan orang bule yang duduk di meja sebelahnya sedang melahap daging ayam. Setelah daging ayamnya habis si bule berteriak kepada pelayan, "More!" Tidak lama kemudian
keluarlah sepiring daging ayam yang lalu dilahapnya.

Maka si Bejo yang kepingin makan daging ayam, mengikuti si bule beteriak keras kepada pelayan, "Morrrr!!" Dia berharap akan dapat daging ayam juga.

Tetapi apa lacur setelah pelayan datang yang disajikan adalah Cah Kangkung lagi.

Maka si Bejo kelenger kekenyangan Cah Kangkung.
Ayat Renungan :

"Sebab orang yang tak berpengalaman akan dibunuh oleh keengganannya, dan orang bebal akan dibinasakan oleh kelalaiannya." (Amsal 1:32).


Humor Kristen, Cerita Lucu Kristen, dan Cerpen Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - PANJANG ATAU TINGGI?

Di taman kota terlihat 2 orang petugas kebersihan sedang bercakap-cakap tentang pekerjaannya.

Amir : "Hai, Badu tolong dong diukur tingginya tiang bendera itu."

Tak lama kemudian Badu memanjat tiang bendera itu sambil memegang meteran.

Amir : "Hai, Badu ngapain kamu pakai manjat tiang segala, kamu tinggal buka saja baut pengikat itu terus kamu ukur saja!! Capek-capek pakai memanjat segala!!"

Badu : "Katanya disuruh mengukur tingginya, ya saya manjat, kalau tiangnya dirobohin itu bukan ngukur tingginya tapi panjangnya."


Ayat Renungan :
"...untuk mengajarkan kepadamu apa yang benar dan sungguh, supaya engkau dapat memberikan jawaban yang tepat kepada yang menyuruh engkau." (Amsal 22:21).

Humor Kristen, Cerita Lucu Kristen, dan Cerpen Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - KERJAAN TIGA ORANG

Pegawai : "Boss, gimana nih, saya sudah 11 tahun kerja di sini. Di sini saya seperti mengerjakan pekerjaan tiga orang, tapi hanya digaji untuk satu orang."

Boss : "Begini, saya tidak bisa menaikkan gajimu, tetapi tenang saja. Jika kamu mau mengatakan dua orang yang menyerahkan tugasnya padamu, saya akan segera memecat mereka!"


Ayat Renungan :
"Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorangpun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku." (Wahyu 3:8).


Humor Kristen, Cerita Lucu Kristen, dan Cerpen Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - GOLF LEBIH PENTING

Seorang dokter gigi, dengan sebuah tas berisi peralatan golf yang tergantung di bahunya, baru saja akan meninggalkan ruang prakteknya ketika telepon di ruangannya tersebut berbunyi.

"Dokter...", kata si penelepon, "Gigiku sakit sekali. Bisakah saya mampir ke tempat praktek Anda  sekarang?"

"Wah, maaf," kata sang dokter, "Saya sudah dipanggil ke suatu tempat, di sana saya harus 'menambal' 18 lobang sore ini juga."


Ayat Renungan :
"... dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu," (Titus 2:7).

Humor Kristen, Cerita Lucu Kristen, dan Cerpen Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - TOSS

Suatu hari saya naik metromini menuju ke Roxy Mas. Di rel kereta, mobil kami dibajak oleh sejumlah preman, mereka berusaha untuk mengambil barang-barang berharga para penumpang. Karena ketakutan saya berusaha untuk menyembunyikan handphone dan dompet ke bawah mobil tapi ketika saya coba tengok ke belakang, salah seorang preman itu tersenyum pada saya, maka terjadilah percakapan antara saya dengannya.

Preman: "Tenang Mbak, Mbak ga akan kita jambret deh."
Saya : "Benar yah Mas, saya ga akan dijambret."
Preman: "Ya pokoknya Mbak tenang aja deh."

Karena merasa kurang yakin, saya coba melihat preman yang di depan yang sedang mengancam penumpang lain dengan pisau. Tubuhnya yang penuh tato membuat saya takut. Saya merasa walau preman di belakang bilang tidak tapi kalau dia mengancam saya pasti saya kena.

Seakan mengerti kondisi saya, satu hal yang menakjubkan, preman yang seram ini menghampiri saya dan berkata, "Tenang Mbak, Mbak gak akan saya copet, Mbak ngga percaya sama saya? Kalo gitu kita toss dulu deh. Lalu saya pun toss dengan preman tersebut.

Sambil tersenyum saya berkata, "Terima kasih ya Mas, karena saya gak dicopet." Entah apa benar ucapan saya itu. Ketika turun hanya satu yang saya lakukan yaitu terbahak-bahak.

Ayat Renungan :
"Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan." (Yohanes 10:10).


Humor Kristen, Cerita Lucu Kristen, dan Cerpen Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - ANJING PELACAK

Dion adalah seorang mekanik. Saat ini dia bekerja sebagai mekanik di  akademi militer.

Suatu hari, seorang penjaga berkata padanya, "Dion, kamu keberatan tidak kalau anjing pelacak ini praktek dengan memeriksa truk dinasmu itu?"

Dion tidak menolak dan si anjing segera melakukan tugasnya. Tiba-tiba anjing itu mengendus dengan keras. Dia langsung naik ke atas truk dan mengendus lebih serius lagi, seolah-olah ada sesuatu yang sangat mencurigakan.

Dion menjadi sangat gugup. Di truknya tidak ada narkoba, tidak ada senjata, tapi entah mengapa anjing pelacak itu seperti mencurigai sesuatu yang membahayakan dalam truk dinasnya itu.

Beberapa menit kemudian sang penjaga keluar dari truk dan mendekati Dion.

"Maaf banget ya," dia berkata dengan malu-malu, "anjing pelacak kami sudah menghabiskan bekal makan siangmu!"


Ayat Renungan :

"Janganlah engkau merusakkan pekerjaan Allah oleh karena makanan! Segala sesuatu adalah suci, tetapi celakalah orang, jika oleh makanannya orang lain tersandung!" (Roma 14:20).





Humor Kristen - ANJING TERSAYANG

Seorang janda tua, melakukan perjalanan seorang diri. Dia pergi ke kota di mana dia tinggal sewaktu suaminya masih hidup dulu.

Saat tiba di bandara, dia menginformasikan kepada pihak pesawat bahwa dia ingin membawa sebuah keranjang berisi anjing yang kelihatan sedang tidur nyenyak ke dalam kabin. Dia menjadi sangat marah ketika pihak pesawat melarangnya. Tetapi akhirnya anjing itu boleh dibawa asal di taruh di ruang bagasi.

Sang pilot berkata kepadanya, "Di sana akan hangat dan nyaman Nyonya. Anjingmu akan baik-baik saja. Tidak ada yang perlu dikuatirkan."

Saat tiba di bandara pertama untuk mengisi bahan bakar, petugas pesawat memeriksa keadaan si anjing. Ternyata anjing itu mati! Para petugas pesawat segera pergi secepat mungkin ke kota untuk mencari penggantinya, dan akhirnya mereka menemukan anjing yang berwarna, berukuran, dan berjenis kelamin sama dengan anjing yang mati itu. Anjing baru itu di taruh di tempat anjing yang sudah mati.

Saat tiba di bandara tujuan, mereka memberikan anjing tersebut kepada si pemiliknya. Dengan wajah terkejut nyonya tersebut berkata, "Maaf, tapi ini bukan anjing saya!"

Pilot pesawat mengatakan, "Oh itu pasti anjing Anda, Nyonya. Lihat, ukuran, warna, dan jenis kelaminnya sama."

Sang nyonya dengan nada tinggi kembali menjawab, "INI, BUKAN ANJING SAYA!!"

"Mengapa Anda begitu yakin kalau ini bukan anjing Anda?" tanya sang pilot.

Sang nyonya menjawab, "Karena anjingku itu sudah mati! Aku mau membawa dia ke tempat tinggalku dulu dan menguburkannya di samping kuburan suamiku!!"

Ayat Renungan :

"Janganlah kamu mencuri, janganlah kamu berbohong dan janganlah kamu berdusta seorang kepada sesamanya." (Imamat 19:11).


Humor Kristen, Cerita Lucu Kristen, dan Cerpen Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - PSIKIATER VS BARTENDER

Suatu hari, Nino pergi ke seorang psikiater terkenal. Dia mengutarakan masalahnya kepada sang psikiater, "Aku ada masalah. Tiap kali aku mau tidur aku selalu merasa ada orang lain di kolong tempat tidurku. Aku takut sekali. Lama-lama aku bisa gila, pak!"

"Selama satu tahun ini, biarkan saya mengatasi perasaan takut Anda, Pak," kata si psikiater. "Datang dan berbicaralah dengan saya seminggu tiga kali dalam satu tahun ini, dan kita akan lihat rasa takut Anda akan segera hilang, Pak."

"Berapa bayarannya, Dokter?"

"Seratus ribu setiap pertemuan," kata si psikiater.

"Wuaahh ...," respon Nino.

Enam bulan kemudian si psikiater tidak sengaja bertemu dengan Nino di jalan. "Kenapa Anda tidak pernah datang ke kantor saya, Pak?" tanya si psikiater.

"Wuah ... seratus ribu setiap kali pertemuan sangat berat bagi saya, Dokter. Hanya dengan 50 ribu, seorang bartender menyelesaikan masalah dan ketakutan saya. Saya seneng bisa menghemat jutaan rupiah karena tidak harus ke kantor Anda tiap tiga kali seminggu dalam satu tahun," kata Nino. "Sekarang saya malah bisa bayar uang muka mobil baru."

"Oh ya!!? Bagaimana bisa seorang bartender dapat mengatasi rasa takut Anda itu?", tanya si psikiater penasaran.

"Dia cuma nyuruh saya memotong kaki tempat tidur saya, sehingga tidak mungkin lagi ada orang yang bisa masuk ke bawah kolong tempat tidur saya! Sejak itu saya merasa aman dan bahagia."
Ayat Renungan

"Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: "Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau." (Yesaya 41:13).


Humor Kristen dan Cerita Lucu Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - PENULIS CILIK

Seorang anak berusia tiga tahun sedang mengetikkan sesuatu di komputer ayahnya. 
Dia berkata kepada ayahnya bahwa dia sedang menulis sebuah cerita.

"Ceritamu itu tentang apa, Sayang?" tanya ayahnya.

"Ya aku gak tahu donk, Pa," jawab si anak, "Aku kan belom bisa baca!"

Ayat Renungan :

"Jadi berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang paling utama. Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi." (1Korintus 12:31).

Humor Kristen dan Cerita Lucu Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - SUARA DI TEMBOK

Ada seorang pria di rumah sakit jiwa. Sepanjang hari, dia menempelkan telinganya ke tembok, seperti mendengarkan sesuatu.
Seorang dokter penasaran melihatnya seperti itu tiap hari. Dokter itu akhirnya memutuskan untuk mencari tahu apa yang sebenarnya dia dengar dari balik tembok itu.
Lalu dokter itu menempelkan telinganya ke tembok, tetapi tidak mendengar apa-apa.

"Saya tidak mendengar suara apa-apa kok", katanya kepada si pasien.

Dengan wajah serius si pasien menjawab, "Iya, Dok, saya tahu kok. Memang udah berbulan-bulan gak ada suara apapun dari dalam sana."

Ayat Renungan :

"Janganlah ia percaya kepada kesia-siaan, akan tertipulah ia, karena kesia-siaan akan menjadi ganjarannya." (Ayub 15:31).


Humor Kristen dan Cerita Lucu Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - PENJAGA PALANG

Suatu malam, kereta api yang sedang melewati persimpangan menabrak sebuah mobil. Sang penjaga palang pintu kereta dihadapkan ke pengadilan.

Di pengadilan, sang penjaga palang ngotot mengatakan bahwa dia sudah memperingatkan mobil itu dengan mengayun-ayunkan lampu senter ke arah mobil itu berkali-kali selama hampir satu menit. Bahkan di depan
sidang, dia berdiri memeragakan bagaimana lampu senter itu diayun-ayunkannya.

Akhirnya dia dibebaskan dari hukuman. Pengacaranya segera memujinya karena peragaannya di depan sidang itu meyakinkan hakim bahwa dia sudah bertindak benar.

"Uiiihhh ..., padahal saya sudah deg-degan setengah mati waktu disidang tadi", kata sang penjaga palang.

"Mengapa?", tanya si pengacara

"Untung saja waktu itu Hakim ngga bertanya apa lampu senternya aku dihidupin atau ngga ...!", jawab si penjaga palang agak sedikit gemetar.


"Lihatlah, hanya ini yang kudapati: bahwa Allah telah menjadikan manusia yang jujur, tetapi mereka mencari banyak dalih." (Pengkhotbah 7:29).


Humor Kristen dan Cerita Lucu Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - SAKIT

"Gimana keadaannya sekarang? Udah baikan?", John menyapa Udin yang habis sakit.

"Udah baikan, kok. Thanks, ya. Tapi tau gak, waktu sakit kemarin merupakan pengalaman yang indah buat saya.", balas Udin.

"Pengalaman yang indah?" tanya si John, "Kok bisa?"

"Soalnya saya baru menyadari betapa istri saya sangat mencintai saya. Kemarin, waktu tukang koran dan tukang pos datang, istri saya buru-buru ke depan menemui mereka. Saya bisa dengar dia dengan semangat bilang "Suami saya ada di rumah! Suami saya ada di rumah!"

Ayat Renungan

"Orang yang jujur dipimpin oleh ketulusannya, tetapi pengkhianat dirusak oleh kecurangannya." (Amsal 11:3).


Humor Kristen dan Cerita Lucu Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - Keramas Tanpa Busa

"Wah, benar-benar hebat ya! Sekarang shampo pun dibuat tanpa mengeluarkan busa. Betul-betul memahami arti pencemaran lingkungan," ujar seorang ayah kepada anak gadisnya sehabis keramas.

Sang anak gadis lalu pergi ke kamar mandi untuk mengecek shampo apa yang digunakan ayahnya. Setelah itu, dia segera menemui ayahnya lagi.

"Ha ha ha ... itu bukan shampo, Pak. Tadi Bapak keramas pakai Hand & Body lotion....."

Ayat Renungan :
"Karena itu harus lebih teliti kita memperhatikan apa yang telah kita dengar, supaya kita jangan hanyut dibawa arus." (Ibr. 2:1).

Humor Kristen dan Cerita Lucu Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - Darah Biru

Gosip dan membicarakan orang lain sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kehidupan kita jaman sekarang ini. Di rumah, di sekolah, atau bahkan di tempat kerja, hal ini sering terjadi. Mulai dari orang tua, pemuda, remaja, bahkan anak-anak. Baik laki-laki atau perempuan, "membicarakan orang lain" pasti menjadi bumbu yang sedap ketika kita berbincang-bincang dengan orang-orang di sekitar kita. Apalagi jika bersama dengan teman-teman dekat. 
Sebagai contoh, di saat istirahat sekolah. Dua orang siswi sedang makan di kantin.

Siti : Ssst ..., kamu tahu nggak kalau di tubuh Rini itu juga mengalir darah biru?

Sari: Masa, sih? Dari ayahnya atau ibunya?

Siti: Dari transfusi darah waktu dia kecelakaan dulu.

Ayat Renungan :

"Jikalau aku kurang paham dalam hal berkata-kata, tidaklah demikian dalam hal pengetahuan; sebab kami telah menyatakannya kepada kamu pada segala waktu dan di dalam segala hal." (2 Korintus 11:6).


Humor Kristen dan Cerita Lucu Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - DISKON PERHIASAN

Suatu hari Paijo pergi ke sebuah toko service alarm untuk memperbaiki alarm miliknya yang rusak. Sambil menunggu alarm nya dikerjakan, Paijo melihat-lihat toko perhiasan yang ada di sebelah toko service alarm tersebut.  

Penjaga toko perhiasan memberitahukan bahwa sedang ada diskon 40% untuk produk perhiasan tertentu. "Saya jamin, pacar Anda pasti akan senang jika Anda membelikan dia perhiasan ini", kata si penjaga toko.

"Wahhh, saya gak punya pacar tuh, Mbak," jawab Paijo.
"Apa? Hari gini gak punya pacar?" respon si penjaga toko.

Dengan santai Paijo menjawab, "Iya, isteri saya gak ngijinin saya punya pacar sihhh!"


Ayat Renungan :

"Supaya kamu masing-masing mengambil seorang perempuan menjadi isterimu sendiri dan hidup di dalam pengudusan dan penghormatan." (1Tesalonika 4:4).


Humor Kristen dan Cerita Lucu Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - TEH BOTOL SOSRO

Wahyu : Sesudah Tuhan Yesus melakukan mujizat memberi makan lima ribu orang dengan lima roti dan dua ikan. Kira-kira selanjutnya apa yang ditanyakan murid-murid Tuhan Yesus?

Dina : Apa, ya? Nggak tahu ahh…

Wahyu : Guru, kami telah makan. Sekarang minumnya apa?
Dina : Jawabnya apa?

Wahyu : Apapun makanannya, minumnya…… TEH BOTOL SOSRO.

Dina : Ngaco kamu! Mau-maunya jadi korban iklan……

Ayat Renungan :
"Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.” (Lukas 21:34).

Humor Kristen dan Cerita Lucu Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - TONGKAT MUSA

Di sebuah sekolah minggu, seorang Guru Sekolah Minggu (Guru SM) mengajukan beberapa pertanyaan kepada anak-anak sekolah minggu.
Guru SM : Ujo, apa yang terjadi ketika Tuhan Yesus memerintahkan angin ribut untuk berhenti?

Ujo : Angin ribut berhenti dan menjadi teduh.

Guru SM : Paimin, apa yang terjadi ketika Musa mencelupkan tongkatnya ke Laut Teberau?

Paimin : Ya, basah dong…….

Guru SM : @#%$???!!!

Ayat Renungan :
"Lalu Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, dan semalam-malaman itu TUHAN menguakkan air laut dengan perantaraan angin timur yang keras, membuat laut itu menjadi tanah kering; maka terbelahlah air itu". (Keluaran 14:21).


Humor Kristen dan Cerita Lucu Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - TERDENGAR KE SELURUH DUNIA

Di sebuah Sekolah Theologia, seorang dosen mata kuliah Pentateuch mengajukan pertanyaan yang membingungkan para murid. Membingungkan karena pertanyaan tersebut sepertinya tidak ada kaitannya dengan mata kuliah.

Dosen : Ayam apa bila berkokok terdengar ke seluruh dunia?

Mahasiswa : Ayam jago!

Dosen : Kalau berkokok ya jelas ayam jago, kalu ayam betina kan berkotek. Tetapi ayam jago apa yang kokoknya terdengar ke seluruh dunia?

Mahasiswa : Wah…kalau begitu kami tidak tahu pak!

Dosen : Ya, ayamnya nabi Nuh.

Mahasiswa : Kok bisa pak?!

Dosen : Lha, penduduknya cuma delapan orang, masak nggak dengar. Kan tidak mungkin. Betul nggak?

Mahasiswa : Hooh……betul juga, ya?

Ayat Renungan :
"Lalu keluarlah Nuh bersama-sama dengan anak-anaknya dan isterinya dan isteri anak-anaknya. Segala binatang liar, segala binatang melata dan segala burung, semuanya yang bergerak di bumi, masing-masing menurut jenisnya, keluarlah juga dari bahtera itu". (Kejadian 8:18-19).


Humor Kristen dan Cerita Lucu Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.


Humor Kristen - KUDA DAPAT JALAN SENDIRI

Dalam sebuah KKR di sebuah desa, jemaat begitu antusias mendengarkan khotbah pendeta dari kota. Khotbahnya begitu menyentuh, dan mereka banyak yang berlinangan air mata. 

Dan di akhir khotbah tersebut, jemaat dihimbau untuk maju ke depan (altar call) bagi yang ingin didoakan. Sambil menyanyi, jemaat berbondong-bondong maju ke depan.

Ketika pengkhotbah berhenti berbicara dan mendengarkan jemaat bernyanyi, tiba-tiba si pengkhotbah tertawa terpingkal-pingkal. Suasana seketika hening, dan semua bertanya-tanya dalam hati tentang apa gerangan yang membuat pengkhotbah tersebut tertawa.

Ternyata si pengkhotbah tertawa karena mendengar jemaat tersebut menyanyi: ”Kuda, dapat jalan sendiri….”.

Lha, kuda kan sejak dulu bisa jalan sendiri. Hal ini menjadi lucu karena sebenarnya yang harus dinyanyikan adalah ”Ku tak dapat jalan sendiri, Tuhan tolong padaku...”

Yah…maklum KKR di desa.

Ayat Renungan :

”..., karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu meminta kepadaNya.” (Matius 6:8).

Humor Kristen, Cerita Lucu Kristen, Cerpen Kristen, dan  Renungan Harian yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Baik berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - APAKAH ANDA SEORANG SARJANA ?

Seorang turis sedang kebingungan mencari jalan menuju Monas. 
Ada seorang anak kecil lewat, lalu ia bertanya: “Hai, Son. Apakah ini jalan menuju Monas?”.
Anak kecil tersebut menjawab: “Haa...”

Si turis garuk-garuk kepala, ia tambah bingung. Ia berpikir, barangkali karena ia seorang anak kecil. Lalu lewat seorang anak muda, dan turis pun bertanya: “Hello, Youngman. Apakah ini jalan menuju Monas?” 
Anak muda itu menjawab: “Benar.”

Si turis masih tidak yakin, lalu lewat seorang dewasa. Turis itupun bertanya: “Apakah ini jalan menuju Monas?” 
Si orang dewasa menjawab : “Betul!
Si Turis semakin tidak yakin. Lalu ia berkata kepada si orang dewasa: “Anak kecil tadi menjawab: Haa... Anak muda yang saya tanya menjawab: Benar. Lalu anda sebagai orang dewasa saya tanya: menjawab Betul. Apa beda: Haa, Benar dan Betul?’
Orang dewasa itu menjawab: “Anak SD menjawab: haa; anak SMA menjawab: benar; seorang Sarjana menjawab: betul.” 
Si turis nyeletuk: “Kalau begitu anda seorang sarjana?” 
Orang itu menjawab: “Haa!”
Ayat Renungan :
 
"Janganlah memuji diri karena esok hari, karena engkau tidak tahu apa yang akan terjadi hari itu. Biarlah orang lain memuji engkau dan bukan mulutmu, orang yang tidak kaukenal dan bukan bibirmu sendiri." (Amsal 27:1-2).


Humor Kristen dan Cerita Lucu Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - Baru Mau Ngaku

"Guru-Guru Tidak Bisa Ngajar!", seorang ayah sedang memarahi anaknya setelah mendapat surat dari sekolah.

Ayah : "Baca surat ini!! Kelakuanmu di sekolah sangat keterlaluan. Sampai sekolah mengirim surat ketidaksanggupan mengajar kamu lagi..."

Anak : "Aku bilang juga apa. Guru-guru di sana nggak bisa ngajar. Baru sekarang mereka ngaku deh..."

Ayat Renungan :

“Ingatlah ini: musuh mencela, ya TUHAN, dan bangsa yang bebal itu menista nama-Mu.” (Mazmur 74:18).

Humor Kristen dan Cerita Lucu Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - Pendeta Menjadi Korban Banjir

Seorang pendeta mengungsi ke rumah seorang majelis karena rumahnya kebanjiran. dompet beserta uangnya pun ikut hanyut terbawa banjir. Dia merasa sedih sekali saat bertemu anggota jemaatnya yang kebetulan rumahnya tidak kebanjiran.

Katanya kepada majelis teman sekerjanya di gereja: "Coba pak, gimana saya tidak sedih dan pilu terhadap anggota jemaat saya yang  tega bilang karena saya kebanjiran, dan uang dan dompet saya hanyut katanya saya "kurang iman".

Majelisnya menimpali, katanya: "Emang itulah kenyataannya pak, ibarat sudah jatuh... ketimpa tangga... tersiram cat... digigit anjing,…dipatuk ular,…disengat lebah lagi !?....yaah nasib!!"

Ayat Renungan :
“Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis!” (Roma 12:15).

Humor Kristen dan Cerita Lucu Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - Persembahan

Seorang remaja duduk di gereja untuk mengikuti kebaktian. Pada saat kotak persembahan diedarkan, ia dengan segera membuka dompetnya dan memasukkan seribu rupiah ke dalam kotak persembahan itu.

Tiba-tiba, seorang bapak yang duduk dibelakangnya menepuk pundaknya dan memberikan uang 100 ribu kepada remaja itu. Remaja itu tersenyum, lalu memasukkan uang 100 ribu itu ke dalam kotak persembahan, dan menatap sekilas dengan rasa kagum pada bapak yang sangat pemurah itu. 

Tak lama kemudian Bapak dibelakangnya kembali menepuk pundaknya dan dia mendengar bisikan dari arah belakang, "Nak, uang 100 ribu itu tadi jatuh dari dompetmu."

Ayat Renungan

“Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu." (Lukas 6:38).


Humor Kristen dan Cerita Lucu Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - MENGELUH TERUS

Ibu Vida dan Ibu Anik sedang ngobrol tentang rumah tangganya masing-masing.
Ibu Vida berkata, "Kami sudah nikah 25 tahun, dan tiap malam, suamiku selalu mengeluh tentang makanan di rumah. Tidak ada satu malam pun yang dia lewatkan tanpa ngeluh...ngeluh... dan ngeluh... tentang masakan hari itu."

Dengan heran Ibu Anik bertanya, "Wahh ... sungguh menyebalkan. Emangnya keluhan suami Ibu gak bikin jengkel gitu?"

Ibu Vida dengan santai menjawab, "Loh kenapa harus aku yang jengkel kalau dia gak suka dengan masakannya sendiri?"

Ayat Renungan :

"Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya." (1Korintus 7:3).


Humor Kristen dan Cerita Lucu Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - RUMAH BARU

Pak Burhan sedang jalan-jalan bersama kedua anaknya, Sarah (4 tahun) dan Hana (5 tahun). Waktu perjalanan pulang ke rumah, mereka melewati sebuah rumah yang ada tulisannya "DIJUAL".

Pak Burhan kelihatannya tertarik dan memberhentikan mobilnya di depan rumah itu. Waktu melihat papanya sedang ngangguk-ngangguk sambil melihat rumah itu, Sarah langsung komentar, "Papa ngapain sih?"

Pak Burhan bilang dia sedang melihat rumah itu karena bagus banget. Lalu Sarah tanya lagi, "Emangnya Papa mau beli rumah baru ya?"

"Mungkin," jawab Pak Burhan. Dengan kening berkerut Sarah bertanya, "Tapi Pa, gimana cara ngebawanya pulang?"

Ayat Renungan :

"Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu." (1Korintus 13:11).

Humor Kristen dan Cerita Lucu Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - HANDPHONE

Ibu Endah sedang mencari-cari telepon genggamnya. "Umiiii ... lihat handphone saya gak?", tanya Ibu Endah kepada pembantunya. 

"Lah... itu apa Nyonya?" kata Umi sambil nunjuk pesawat telepon rumah.

"Wahh ... itu bukan handphone, Umi. Itu telepon rumah! Handphone itu telepon kecil yang suka saya bawa kemana-mana dan bisa saya masukin ke kantong saya!", Ibu Endah menjelaskan.

Dengan ekspresi gembira Umi menjawab, "Wah ... kalau itu sih namanya HAPE, Nyah ...! Itu hape-nya ada di atas meja makan!"

Ayat Renungan :
"Apakah sebabnya kamu tidak mengerti bahasa-Ku? Sebab kamu tidak dapat menangkap firman-Ku." (Yohanes 8:43).


Humor Kristen dan Cerita Lucu Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - Orang Kikir Masuk Neraka

Suatu hari, dua orang anak Sekolah Minggu sedang bercakap-cakap.

Samuel : "Coba terka, orang seperti apa yang paling banyak masuk neraka. Apakah pencuri, pembunuh atau orang pelit?"

Natanael : "Tentu saja pencuri dan pembunuh! Karena yang satu mengambil harta orang sedangkan yang lain mengambil nyawa orang."

Samuel : "Kata papa-ku orang pelit yang paling banyak masuk neraka!"

Natanael : "Ahhh, masa sih ... ??? Emang dosanya apa? Kan itu hartanya sendiri, suka-suka dia dong ?"

Samuel : "Nah, itulah...! Saking pelitnya maka ketika Tuhan Yesus mau minta dosanya untuk dibuang ke tubir laut yang paling dalam, dia nggak ngasih!"

Ayat Renungan :
“…pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.” (1Korintus 6:10).

Humor Kristen dan Cerita Lucu Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.

Humor Kristen - MEMBUAT KERBAU TERTAWA

Di sebuah kampung ada perlombaan yang unik, yaitu membuat kerbau tertawa. Banyak peserta yang mengikutinya, tetapi semua peserta telah gagal. Namun ada seorang pendeta menjadi peserta terakhir perlombaan itu.

Sesuatu yang mengejutkan terjadi. Ketika pendeta membisikkan sesuatu ke telinga kerbau, tiba-tiba kerbau tadi tertawa. Ketika pendeta membisikkan sesuatu lagi ke telinga kerbau, tiba-tiba kerbau tersebut menangis. Tetapi ketika pendeta membisikkan sesuatu ke telinga kerbau lagi, tiba-tiba kerbau tersebut berlari.

Semua orang terheran-heran. Mereka bertanya-tanya, apa saja yang dibisikkan ke telinga kerbau tersebut sehingga si kerbau bereaksi sedemikian rupa. Ketika seseorang memberanikan diri bertanya kepada pendeta, pendeta tersebut memberikan jawaban yang mengagumkan. Demikian penjelasan pendeta itu.

”Ketika saya bisikkan kepada kerbau: ”Bau, kerbau...apa kamu tahu kalau aku ini pendeta?” Lalu kerbau itu tertawa. Rupa-rupanya kerbau itu tahu kalau aku nggak punya tampang pendeta.

Kemudian aku bisikkan lagi: ”Bau, kerbau...apa kamu tahu, berapa gaji pendeta?” Si kerbau itupun menangis. Rupa-rupanya kerbau pun tahu kalu gaji pendeta itu memprihatinkan.

Terakhir aku bisikkan pada si kerbau: ”Bau, kerbau...apa kamu mau menjadi pendeta?” tiba-tiba kerbau itu lari. Rupa-rupanya ia ketakutan kalau sampai menjadi pendeta.


Ayat Renungan :

Kata-Nya kepada mereka: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu." (Lukas 10:2).

Humor Kristen dan Cerita Lucu Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.


Humor Kristen - Semua Milik Tuhan

Suatu hari, seorang pria yang adalah seorang jemaat di sebuah gereja bertemu di sebuah jalan dengan seorang pendeta yang adalah gembala sidangnya. Bapak pendeta yang baik ini pun berinisiatif untuk mengajak jemaatnya ini makan malam. 

Setelah makan malam selesai, Pak pendeta pun dengan gembira membayar tagihannya. Sebelum mereka berpisah, terjadi percakapan singkat diantara mereka.

Jemaat : "Pak Pendeta, saya tidak akan berterima kasih untuk makanan yang sudah Bapak belikan."

Pak Pendeta : "Lho, memang kenapa?"

Jemaat : "Karena semua yang Bapak Pendeta punya sebenarnya adalah milik-Nya Tuhan!"

Pak pendeta pun hanya senyum kecil tanpa meresponi perkataan jemaat tersebut. Mereka bersalaman dan berpisah. 

Suatu waktu mereka bertemu lagi di jalan. Terdorong rasa lapar, jemaat ini berinisiatif untuk mengajak Pak Pendetanya ke restoran yang sama untuk makan malam, dengan harapan pak pendetanya yang akan membayarnya lagi.

Jemaat: "Pak Pendeta, saya lapar nih, kita ke restoran yang kemaren kita kunjungi lagi yuk?"

Pak Pendeta pun berpikir sebentar. Lalu dengan senyum ramahnya dia pun menjawab.

Pak Pendeta : "Maaf ya, Pak... Karena uang dan segala yang saya miliki adalah milik Tuhan, jadi saya akan tanya Tuhan dulu apakah boleh saya makan di restoran itu lagi bersama Bapak."

Ayat Renungan :

“Karena: "bumi serta segala isinya adalah milik Tuhan." 1 Korintus 10:26.


Humor Kristen dan Cerita Lucu Kristen yang ada pada Blog Renungan Harian Kristen ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak lain. Misalnya berupa nama orang, nama tempat, nama suku, nama gereja, profesi, dan lain-lain.